My first salary ……

Hi, gomie and all who read
اسلا م عليكم
I’m back now, for long time no c
Kali ini aku mau berbagi sedikit pengalaman hidup, yang penuh warna warni ini wkwk..simak ya,….

MY FIRST SALARY IN MALAYSIA

Image result for ringgit

Udah hampir 3 bulan, aku tinggal jauh ( lagi,lagi dan lagi ) sama keluarga. Aku merantau di negeri nya upin ipin wkwk, Malaysia. Disini aku kerja, niat cari uang banyak dan sebanyak banyaknya, memang miris sih, disaat yang lain seusiaku harus merasakan bangku kuliah dan bergelut dengan skripsi…but I always proud of me,…masih bersyukur atas apa yang diberikan sama Allah.
Nah aku kerja di perusahaan elektro, pembuat komponen elektronik, aku masuk kerja lewat tenaga penyalur Agent. Memang semua proses dari mulai pembuatan paspor, pengurusan visa kerja, tiket pesawat dan sebagainya ditanggung Agent, dan dibayar cicil selama 10 bulan bekerja.
Lanjut cerita, aku mulai bekerja pada tanggal 24 juni 2015, menjalani training selama 3 minggu dan hanya bekerja 8 jam saja selama masa training itu ( di malaysia wajib kerja 12 jam ) .
Jadi dalam sebulan itu, aku menjalani training 3 minggu dan satu minggu sudah masuk kerja normal.
Langsung ke inti cerita yang mau aku ceritakan, Waktu yang ditunggu tunggu bagi pekerja ya tanggal gajian, iya kan ? Wkwk…
Dapat uang banyak, kirim sebagian ke orang tua, bisa shopping, jalan jalan sana sini. Yah pasti semuanya kalo gajian seperti itu. Hehe
Tak berbeda jauh di atas, pikiranku pun berandai andai…berekspektasi melampaui batas lebih tepatnya. Rencana barang yang akan aku beli pun sudah aku catat list nya…berapa uang yang akan di bagi ke orang tua, beli lemari baju, beli baju, beli ini itu, jalan sana sini..kan terlalu over ekspektasinya, haha.
Tanggal penantian yang ditunggu tunggu pun tiba, tak sabar menanti Agent bagi kan uang gaji. Jeng jeng…! Agent ketawa liat aku sebelum dia bagikan slip gaji…
” Afiah, jangan kaget ya ! ” kata Agent sambil tersenyum
Aku pun tersenyum, tanpa ada rasa curiga kenapa Agent bilang kayak gitu ?
Ku buka amplop slip gajiku…gaji bersih 650 RM….shock….!
Lihat kebawah bagian slip gaji tepatnya di bagian potongan potongan gaji…… Sssreeeeettttttt……total gaji bersih ku …… 8 RM , yaaa aku liat lagi… benar, hanya 8 RM !!!!! Agent memotong 642 RM dr gajiku….oh GOD !!!! Banyak sekali potongannyaa, memang dia bagi pinjaman… tapiii…oh GOD , aku Speechless. Jauh jauh kerja di malaysia gaji pertamaku hanya 8 Ringgit ( Rp.24000 kurang lebih ) dalam sebulan. Mau makan apa aku bulan ini ? Perkiraan yang sangat jauh dari ekspektasi ! Pengalaman tragis hidup di negeri orang ini haha…
Tapi untung aja aku masih sisakan uang dari indonesia, yahh lumayan lah . Bisa bertahan hidup sampe 2 minggu kira kira ;( selebihnya yaa gk ada jalan lain…. HUTANG ! wkwk…mungkin kan bulan depan gaji sudah normal, Agent pun tak potong banyak bulan depan. Jadi syukuri saja, jadika pengalaman pahit mengesankan di hati.
Haha udah sampe disitu share ceritanya, semoga terhibur yaa…

Leave a Reply

